Penampakan Puluhan Bintang Berjalan di Langit Jogja

10 Mei 2020 setelah adzan waktu Subuh Jogja, beberapa orang melaporkan penampakan mengejutkan berupa puluhan bintang berjalan di langit Jogja. Tanpa foto, video atau penjelasan yang lebih detil, sempat terfikir itu adalah Satelit ISS yang memang sering terlihat saat Matahari di dekat horizon, tapi kenapa jumlahnya banyak?! Dugaanpun jatuh ke hujan meteor Cetids yang mencapai puncak pada 10 Mei, tapi lagi-lagi dalam keraguan karena Cetids bukan hujan meteor dengan fireball terang yang bisa mengalahkan polusi cahaya Bulan. Lalu apa ?!

12 Mei 2020 lagi-lagi sekitar adzan Subuh waktu Jogja, kali ini seorang followers mengirim dm dan memberikan keterangan lengkap, arah penampakan, posisi pengamatan, jumlah dan lama penampakan yang mencapai 4-5 menit. Fix ini satelit.

Baca juga : Penampakan Bintang Berjalan
satelit Starlink di Jogja
Foto : Bob King

Tapi satelit apa ?! kok rombongan ?! usut punya usut nemu video di Youtube dan ternyata satelit Starlink, bahkan saya sempat mengabadikannya dulu tapi malah lupa :))

Penampakan satelit Starlink di Jogja bukan hal baru, wilayah Jateng dan Jogja pernah heboh gara-gara penampakan satelit Starlink yang berbaris puluhan ini pada malam hari, Jumat 15 November 2019.

Starlink sendiri adalah proyek SpaceX dengan ide besar menghadirkan satelit global berbiaya terjangkau dengan koneksi web berkecepatan tinggi ke pengguna di mana pun berada,. Koneksi web ini bertumpu pada jaringan yang saling terhubung yang berbasis pada sekitar 30.000 satelit. Satelit pertama diluncurkan pada Mei 2019 dan saat ini jumlahnya terus bertambah mencapai ribuan.
satelit iss di Jogja
Jogja Uncover

Konstelasi Starlink ini terdiri dari ribuan satelit kecil yang diproduksi secara massal di orbit Bumi rendah (LEO) pada 340 kilometer, yang bekerja dalam kombinasi dengan transceiver darat.

Meski menghadirkan manfaat namum para astronom atau Star gazers tidak terlalu senang dengan gagasan puluhan ribu satelit kecil yang akan memasuki orbit rendah Bumi di tahun-tahun mendatang. Pasalnya, satelit tersebut dipercaya akan mengganggu pekerjaan mereka.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger