Alarm Gempa Bumi Terkini Aplikasi Android Terbaik 2020

Tahun 2015 lalu Jogja Uncover telah menguji puluhan alarm gempa bumi realtime untuk kebutuhan mitigasi gempa bumi. Alarm gempa bumi ini sangat bermanfaat untuk mitigasi terkini masyarakat karena kemampuannya menangkap getaran melalui sensor accelerometer yang dimiliki ponsel android.

Sensor ini menangkap getaran secara seketika saat kejadian gempa bumi lalu memicu suara peringatan dini dalam waktu sepersekian detik sehingga dapat membangunkan kita dari tidur saat terjadi getaran. Aplikasi sensor accelerometer hanya mendeteksi getaran tapi tidak menginformasikan skala dan episentrum gempa terkini, Alarm ini juga hanya mendeteksi getaran yang relatif bisa dirasakan manusia (Skala MMI) bukan gempa mikro yang hanya bisa dicatat Seismograph.

Perpaduan kemampuan sensor dan aplikasi dirancang untuk mampu mendeteksi gelombang gempa bumi secara realtime dan memberikan peringatan mitigasi terkini. Jadi berbunyi saat kejadian bukan setelah kejadian, inilah bedanya dengan aplikasi gempa bumi pada umumnya.

Dari banyak aplikasi yang Jogja Uncover uji tahun 2015 lalu ditemukan dua alarm gempa bumi yang memenuhi syarat.

Nah, di tahun 2020 ini Jogja Uncover kembali menguji puluhan alarm gempa bumi realtime untuk mencari mana yang terbaik.  Adapun terbaik versi Jogja Unvover adalah harus memenuhi syarat, yaitu :

1) Aplikasi memiliki sensitivitas getaran yang tinggi namun mudah dalam pengaturannya
2) Cepat dalam merespon getaran dan memicu alarm
3) Sound bisa dirubah sesuai selera
4) Memliliki delay yang fleksibel
5) Ponsel dapat di lock
6) Hemat baterai

Dari puluhan aplikasi yang Jogja Uncover uji selama seminggu ini hanya 2 yang layak untuk direkomendasikan.

Aplikasi bernama ''Earthquake Alert'' bikinan Jozsef Csiza yang pada 2015 lalu Jogja Uncover temukan di Aptoide market sebenarnya bagus dan sangat memenuhi syarat, namun sayang hingga saat ini 2020 belum terdaftar di play store. Jadi aplikasi ini kita abaikan saja.

alarm gempa bumi realtime

Alarm Terbaik Versi Jogja Uncover

Vibration Alarm bikinan Mobile Tools.
Jujur, tampilan aplikasi ini nampak jadul, tapi responnya terhadap getaran sangat sensitif dan cepat, suara notif juga bisa dirubah sesuai kebutuhan. Setting alarm, rubah angka arming delay menjadi 5, kemudian masukkan nilai Alarm Threshold 0.0376617.
alarm gempa bumi Android

Download Vibration Alarm

Setelah setting selesai aktifkan alarm, lock layar ponsel dan segera letakkan di bidang datar sebelum 5 detik, setelahnya ponselmu sudah siap menerima getaran dan memberikan notifikasi.

EarthQuake Alarm dari BGDHapps
Lagi-lagi saya memilih aplikasi ini untuk tahun 2020. Bedanya dengan Vibration Alarm hanya ditampilan yang lebih simple. EarthQuake Alarm dari BGDHapps juga lebih mudah penggunaannya.

Download EarthQuake Alarm

Setting sensitifitas sensor sesuaikan kebutuhan, jika kamu berada di dekat rel kereta atau jalan besar, jangan disetting terlalu sensitif. Klik Start / Activate, pilih waktu delay aktif 1/60 (1 menit).
info gempa bumi terkini

Kunci layar lalu letakkan Ponsel di meja dan tunggu alarm aktif setelah 1 menit. Alarm mulai bekerja setelah waktu delay terlewati sesuai setting waktu delay masing-masing aplikasi dan sensor siap menerima getaran lalu memicu suara peringatan terkini.

Dalam mitigasi gempa bumi terkini, kedua alarm di atas memberikan waktu berharga bagi kita untuk dapat beraksi cepat dan tepat dalam mengambil langkah-langkah mitigasi gempa bumi. Sangat cocok bagi warga pesisir pantai selatan maupun kota atau daerah rawan gempa sebagai bagian dari upaya dan persiapan mitigasi bencana

Saat pertama pemakaian, cobalah untuk terlebih dahulu membuat simulasi gempa dengan menggoyang meja sekitar 5 menit setelah alarm dihidupkan. terus lakukan berulang-ulang sampai kamu yakin alarm berfungsi dengan baik.

Catatan :

Sensor mampu menangkap getaran kecil, hingga disarankan untuk tidak menyetting terlalu sensitif di daerah yang dekat rel kereta. Gemuruh truk besar yang lewat juga dapat memicu Alarm dan berpotensi mengagetkan banyak orang. Namun aplikasi ini bisa membedakan saat kita "merasa" ada gempa, padahal tubuh hanya sedang mengalami disorientasi keseimbangan yang mirip dengan gejala kesehatan vertigo (kleyengan).

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger