Dampak Solar Minimum Apakah Menyebabkan Gunung Meletus ?

Artikel ini adalah sambungan dari judul Matahari Lockdown Benarkah Memicu Gunung Meletus ?
Sebelum lanjut ke halaman ini, silakan dibaca terlebih dahulu.
Solar Minimum Matahari lockdown
Menurut Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saya kutip dalam Suara.com, fenomena Solar Minimum tidak akan memicu bencana di Bumi. "Fase Solar minimum aktivitas matahari adalah kejadian periodik sekitar 11 tahunan yang tidak berdampak signifikan pada cuaca dan tidak terkait bencana ". Thomas, menambahkan karena bintik matahari berkurang maka badai matahari juga berkurang. Ada peningkatan sinar kosmik, tetapi dampaknya tidak signifikan.

Badai matahari sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan gelombang geomagnetik dari matahari yang efeknya terasa di atmosfer Bumi, pengaruhnya paling besar pada penggunaan teknologi yang digunakan di bumi. Badai geomagnetis yang terjadi di tahun 1859 merupakan salah satu badai terbesar yang pernah terekam manusia dan menyebabkan munculnya aurora di Karibia. Jika badai sebesar ini terjadi sekarang, ia akan mematikan listrik, internet dan semua teknologi lain yang menggantungkan diri pada dua teknologi itu.

Lalu bagaimana dengan bencana era Dalton Minimum, seperti yang disebut ilmuan NASA ?

Bencana Era Dalton Minimum
Dalton Minimum adalah periode dimana jumlah bintik matahari rendah, atau mewakili aktivitas minimum matahari. Istilah Dalton Minimum berdasarkan nama ahli meteorologi Inggris John Dalton. Fase ini berlangsung dari sekitar 1790 hingga 1830 atau 1796 hingga 1820.

Disaat periode inilah kebetulan gunung Tambora di pulau Sumbawa meletus dahsyat pada 10 April 1815 dan menjadi letusan terbesar kedua dalam 2.000 tahun terakhir dalam sejarah Bumi dan diklasifikasikan sebagai peristiwa dengan skala VEI-7 4-8x lebih kuat daripada letusan gunung Krakatau tahun 1883. Letusan Tambora menurunkan suhu global dan beberapa ahli menyebut letusan ini menyebabkan pendinginan global dan kegagalan panen di seluruh dunia pada tahun berikutnya, peristiwa ini kemudian dikenal sebagai tahun tanpa musim panas.

Baca Juga : Gunung Meletus dan Terbelahnya Pulau Jawa

Era Dalton Minimum bertepatan dengan periode suhu global yang lebih rendah dari rata-rata. Penyebab suhu lebih rendah dari rata-rata dan kemungkinan hubungannya dengan jumlah sunspot rendah tidak berkorelasi dengan baik. Jurnal ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa aktifitas vulkanisme sebagian besar bertanggung jawab atas tren pendinginan global tersebut. Teori perihal fase Solar Minimum yang memengaruhi Bumi juga masih diperdebatkan oleh para ilmuwan. Pasalnya, belum ada bukti yang memadai untuk mendukung teori tersebut.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger