Home » , , , » Gempa Beruntun Malang dan Potensi Megathrust Subduksi Jawa Timur

Gempa Beruntun Malang dan Potensi Megathrust Subduksi Jawa Timur

Pasca gempa 5.8 SR Malang 19 Juli 2018 19:23:35 WIB, aktifitas tektonik di laut Selatan Malang mendadak ramai. Bahkan seismograf Wanagama UGM Jogja yang terletak cukup jauh turut merekam aktivitasnya. Intensitas Aftershock gempa ini mencapai lebih dari 40 kali dengan skala bervariasi antara 3-4 SR.

5.8 SR tergolong gempa "kecil", namun banyaknya rentetan gempa susulannya memunculkan kekhawatiran berbagai kalangan. Waspada Megathrust ! itulah kekhawatirannya. Yang jadi pertanyaan, mungkinkah potensi Megathrust bisa muncul di segmen laut selatan Malang ini ?!

Jawa Timur khususnya wilayah laut Selatan Malang pernah mencatat sejarah gempa bumi besar disertai Tsunami pada tahun 1994 silam dengan kekuatan 7.8 SR. Episentrum gempa pemicu Tsunami ini berada di sebelah Selatan segmen gempa 5.8 SR Juli 2018 yang kini sedang ramai dibicarakan.
Gempa Tsunami Malang

wilayah gempa 5.8 SR 2018 ini sendiri, jauh sebelumnya sudah sering mengalami peristiwa gempa bumi. Berdasarkan catatan katalog gempa USGS, ada banyak gempa di sini dengan skala 5-6 SR sejak tahun 1900. Artinya secara historis segmen ini bukan salah satu seismic gap yang berpotensi melahirkan gempa Megathrust. Semoga saja, Aamin.

Lalu bagaimana jika kita berkaca dari gempa Megathrust Jepang yang berskala 9.1 SR pada 11 Maret 2011 silam?! Bukankan episentrum gempa ini berada di zona yang bukan masuk kategori seismic gap?!
Ini pertanyaan menarik.

Dalam catalog USGS Gempa 9.1 SR 2011 diawali oleh gempa yang sangat signifikan 7.3 SR pada 9 Maret 2011 atau 2 hari sebelum Megathrust tersebut bangkit. Rentetan gempa susulannya berjumlah 1235 dan 63 diantaranya berskala 6,0 lebih. Gempa ini terjadi di Palung Jepang, dihasilkan oleh tiga segmen kerakbumi yang saling berdampingan dan terpatahkan secara bersama-sama. Di segmen episentrum gempa Jepang ini ternyata juga mencatat gempa-gempa skala 6-7 SR yang sudah sering terjadi sejak puluhan tahun silam.

Munculnya gempa Megathrust di margin lempeng Pasifik ini tidaklah mengejutkan, sebab sejarah menunjukkan dalam 60 tahun terakhir kawasan Pasifik Utara telah diguncang oleh 4 gempa Megathrust yang mematahkan margin lempeng mulai dari Jepang hingga Alaska.
Artinya?!
Cukup sulit untuk bercermin pada Megathrust Jepang 2011 sebagai pembanding dengan rentetan gempa Malang Juli 2011 (Semoga saja asumsi ini benar). Wallahu A'lam Bishawab...

Haruskah tetap waspada?! Harus!
Episentrun gempa 5.8 SR Malang 2018, berada di sebelah Timur segmen Jogja - Jawa Tengah yang saat ini masuk dalam zona seismic gap 3 atau tergolong "sepi" dalam sejarah gempa besarnya. Namun kawasan "Sepi" di zona subduksi tentu bukanlah kabar menggembirakan. Karena seismic gap menyimpan potensi Megathrust dan rawan terpicu oleh gempa di segmen tetangga.

Potensi Tsunami Jawa Tengah

Lebih lanjut tentang seismic gap silakan baca disini
Potensi Tsunami Jawa


Share Artikel di Medsos
DMCA.com Protection Status
Copas Artikel Silakan Cantumkan link sumber
Follow Sosmed Jogja Uncover
Facebook Twitter
Terima Kasih Sudah Membaca Gempa Beruntun Malang dan Potensi Megathrust Subduksi Jawa Timur

Newest
Next »
Next Post »