Gempa berulang Pacitan berhubungan dengan Letusan Freatik Merapi 2018 ?!

Ada banyak pertanyaan yang dimention ke akun twitter @jogja_uncover akhir² ini terkait gempa bumi beruntun yang terjadi di wilayah laut selatan Pacitan.
Adakah korelasinya dengan aktifitas Merapi yang meletus ?!
Akankah muncul potensi gempa besar ?!

Mari kita buka layar tancepnya...

Sepanjang bulan Mei 2018 ini, hingga 24 Mei pk 00.30 WIB, tercatat 11x gempa (minor) telah terjadi di laut selatan Pacitan. Kekuatan gempa rata² berkisar ±3 SR dengan kedalaman dangkal 10-30km.
Berikut episentrum gempa selama bulan Mei 2018 yang berada di wilayah laut selatan Pacitan. Simbol "Love" bukan kode Dilan ya ;)
Gempa pacitan 2020

Sebentar, dalam "Peta Gempa Nasional 2017" Sesar Grindulu tak masuk dalam daftar. Jadi kita abaikan dulu Sesar ini.
sesar darat patahan jawa
Sesar Aktif Jawa dalam peta gempa Nasional 2017
Pernahkah wilayah laut Selatan Pacitan yang lagi kita bicarakan ini mengalami gempa besar ?! Ya, 20 Oktober 1859 perkiraan skala di atas 7 SR. Sudah berlalu 159 tahun lalu.
National Geophysical Data Center memplot episentrum berada di sekitar -9,0,111,0. Terlihat ada titik² gempa Mei 2018 di sekitarnya.
gempa bumi pacitan
Bagaimana jika kita masukkan data gempa Pacitan bulan April 2018 ?! Berikut penampakannya...
gempa pacitan hari ini

Apakah ini pertanda gempa besar akan terjadi lagi ?! 159 tahun memang waktu yang lama, kemungkinan perulangan ada namun tetap Wallahu'alam.
Sekarang kita pindah sebentar ke Jawa bagian Barat.
gempa bumi jawa barat
Meminjam Plotting Episentrum gempa yang dibuat pak Didik dari Bandung, Sesar Cipamingkis juga mengalami fenomena yang hampir sama selama ±2 bulan di awal tahun ini. Petunjuk akan adanya gempa besar atau justru pe;uruhan energi yang bertanda baik ?! Wallahu'alam.

Kembali ke gempa Pacitan.
Fenomena yang terjadi adalah wajar karena secara umum segmen di dekat zona subduksi ini dipengaruhi oleh penunjaman dua lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Adakah kaitan antara rentetan gempa Pacitan dan Erupsi Freatik Merapi ?! secara umum tidak. Karena skala gempa Pacitan yang tergolong minor ini (±3SR) terlalu kecil untuk mempengaruhi dapur magma Merapi.

Tapi yang harus menjadi catatan adalah, malam ini 23-05-2018 23:59:14 WIBr Terjadi Gempa 4.2 SR, 128 km Baratdaya Gunung kidul yang berada di Barat Pacitan. Gempa ini berpotensi "Memicu" Merapi karena terekam di seismograf ST Merapi.

Apakah ini artinya kita aman dari gempa besar ?!

Jawabannya adalah, "selama kita hidup berhadapan dengan zona subduksi dan juga berdampingan dengan sesar aktif maka sewaktu² kita bisa mengalami gempa besar".

Maka kuncinya adalah kesiapan Mitigasi bencana.
Dan akun twitter @Jogja_Uncover seperti biasa Insya Allah akan terus update twit kisaran tanggalnya yang berhastag #Mitigasi. Sekali lagi, ini tentang Mitigasi bukan prediksi, bukan sama sekali ramalan dari bisikan di telinga kiri.

Sekian, semoga banyak berkah hari ini.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger