Biaya Hidup di Kota Jogja lebih Mahal ketimbang Seoul

Taukah kamu? jika bekerja dan menetap di Seoul maka biaya hidup di sana akan jauh lebih murah ketimbang di kota Jogja. Biaya pengeluaran ini akan berbanding terbalik jika kamu jadi turis, karena pengeluaran di Jogja baru lebih murah dari pada Seoul jika kegiatannya adalah wisata. Kok bisa gitu?! Mari simak... ( Copas sertakan link sumber )

Umk Seoul dan Jogja
Foto Wikipedia Seoul
Inilah dampak Upah Minimum Kota dan Kurs Mata Uang dalam perhitungan biaya hidup. UMK jelas berpengaruh besar dalam pemasukan dan biaya hidup sehingga Seoul menjadi lebih murah kotanya dibanding kota Jogja. Itulah yang saya maksud, biaya hidup tak sesempit menghitung pengeluaran Sandang, Pangan dan Papan.

Sementara Kurs mata uang Rupiah adalah faktor utama yang menyebabkan wisata di Seoul Menjadi lebih mahal ketimbang Jogja. Gimana nggak, nilai mata uang Rupiah cukup kecil dibanding negara Korea (Rp11,3 = KRW 1).

Contoh Kecil Biaya Hidup
Jika sehari kamu habiskan biaya untuk makan dan minum di Jogja 30ribu dan di Seoul 100ribu mana yang lebih Murah? jawabannya tentu JOGJA. Tapi jika penghasilanmu di Jogja minimal 2 juta misalnya sementara jika gaji kamu di Seoul 10 Juta. Maka kota mana yang biaya hidupnya lebih Murah ? Sudah pasti Seoul jawabannya.

Ini tentu bukan hitungan real mengingat upah minimum di Seoul sekitar 12.5 juta per bulan. Upah minimum TKI sebut saja operator mesin pada tahun 2014 adalah US$ 1.000 per bulan atau sekitar 13.6 juta, ini sudah dijamin penginapan dan makan oleh perusahaan.

Sementara Gaji profesional rata rata yang disebutkan, berkisar diatas Rp 20 juta per bulan setalah pajak. Kedua angka tersebut (TKI dan Profesional) cukup relevan dengan UMK yang pernah dibilang seorang teman senilai KRW 1.1 Juta atau 12.5 Jutaan (Rp11,3 = KRW 1). Sekarang bandingkan dengan kota Jogja Rp 1.4 juta, gaji minimum TKI saja sudah 9 kali lipat dibanding Jogja.

1x Makan di Jogja Rp 7.500?! disana Rp 35.000-60.000 hanya beda ± 5-7 x lipat (Mac D Rp 45.000-70.000).
Air Putih Kemasan (330 ml) Rp 9ribuan, kalo di Jogja? Gak sampe 9 kali lipat lebih murah harganya.
Rokok XXX Mild 25.000-30.000 dan di Jogja 15ribu gak jauh beda.
Kost kategori murah kisaran harga KRW 70.000 - 250.000 KRW (800 - 2.8 jutaan per bulan) di banding Jogja kayaknya cuma beda 2-3 kali lipatnya.

Seorang teman se-profesi dulu pernah berkirim email tahun 2015 dan menyebutkan bahwa estimasi biaya hidup disana sekitar Rp 12-14 juta per bulan dengan gaji sebagai Art Director sekitar 18-20 juta per bulan. Sementara untuk biaya mudik bolak-balik dia hanya menggunakan setegah dari bonus tahunan. Mmm... masih sisa banyak ya :D.

Art Director berpengalaman di Jakarta rata-rata mendapat gaji bulanan ± 6-9 Juta. Di Jogja jabatan ini rasa-rasanya langka, namun jika disetarakan maka sebanding dengan Graphic Design Supervisor atau Senior, yang gajinya tak akan lebih dari 2-3 juta per bulan. Ayo yang Graphic Designer gaji 4 juta sebulan monggo ngacung! :D

Ah kejauhan kalo bandingin sama Seoul, mbok yo yang Indonesia aja sih min! Boleh, mari bandingkan dengan Banjarmasin dan Jakarta.

UMK Jogja 1.45 juta Vs Banjarmasin 2.15 juta beda 32%. Makan di Jogja per hari ± 22.500, di Banjarmasin ± 30.000 hanya beda 25%.
UMK Jogja 1.45 juta Vs Jakarta 3 juta beda 2x lipat. Makan Jogja ± 22.500 dengan Jakarta ± 37.500 tak sampai 2 kali lipat. Kok saya tau?! ya tentu saja, Banjarmasin dan Jakarta sudah jadi rumah ke dua bagi saya.
Harga barang elektronik, gadget, pulsa, paket internet di Jogja - Jakarta - Banjarmasin = SAMA. Bahkan elektronik dan pakaian kadang lebih murah di Glodok dan Tanah Abang Jakarta.
Kost di Jogja 500ribu dan di Banjarmasin = SAMA.
Harga Property (Rumah / Tanah) = Jogja Selangit, Banjarmasin masih banyak yang murah.
Kost di Jogja vs Jakarta hanya beda ± 30-40%. Bahkan Kost Exlusive nyaris setara harganya.

Baca Juga
UMK dan Biaya Hidup Jogja
dan
Tips Hemat Anak Kost Jogja

Itulah yang saya maksud Jogja itu murah tapi "Semu". Mungkin murah bagi wisatawan dan mahasiswa pendatang tapi bagaimana buat warga dan pekerjanya?!. @Jogja_Uncover tak bermaksud mendorong kamu untuk keluar dari Jogja, tapi kemapanan bukankah harus diperjuangkan?!

Bukankah dalam agama juga menganjurkan Hijrah tuk kehidupan yg lebih baik?! atau siapa tau kamu terpancing utk jadi pengusaha di Jogja :) dan bukankan jadi pengusaha adalah bentuk hijrah juga?! Hijrah dari Karyawan menjadi Pemberi gajian :D Amin. Itulah tujuan dan inti dari Artikel ini.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger