Misteri simbol di Gunung Merapi, Tugu Jogja dan Keraton Ratu Boko

Artikel ini adalah sambungan dari postingan sebelumnya "Misteri Hexagram Tugu dan Sejarah Golong Gilig" baca disini Tugu Jogja
Setidaknya hingga saat ini sudah ada 3 temuan simbol-simbol yang "sama" di Jogja dan menarik untuk JogjaUncover ungkap pagi ini. Yang pertama di puncak gunung Merapi, lalu di Tugu kota Jogja (yang ini wacana lama) dan terakhir di Istana keraton Ratu Boko.

Patok (Pal batas) di puncak gunung Merapi, berada pada titik temu garis Transversal perbatasan Yogyakarta - Jawa Tengah serta garis Longitudinal lintas Jawa, di Pal batas inilah terdapat simbol tersebut ( Foto dokumentasi oleh @renjerhitam pada pendakian 21 September dan dikirim ke twitter @jogja_uncover )

simbol yahudi jogja

Setidaknya ada 5 simbol yang tercetak dalam patok ini yang bisa @Jogja_Uncover identifikasikan





misteri simbol Jogja
Simbol Menorah (bahasa ibrani : מנורה) adalah "Kandil" atau "Kaki Pelita" yang artinya pencerahan universal. Pada lambang Israel, Menorah dikelilingi ranting Zaitun pada kedua sisinya

misteri simbol keraton
Mahkota Raja : Sangat mirip dengan Lambang Agung Kerajaan Belanda "Groot Rijkswapen" dan Mahkotanya.  Ornamen hias bentuk mahkota kerajaan Belanda ini juga mempengaruhi desain lambang Kraton Yogyakarta dan dapat dilihat hingga periode Hamengkubuwono VII, misalnya pada perabot tandu Keraton atau bingkai gambar, hingga akhirnya tahun 1921 simbol mahkota ini dirubah.

simbol zionis yogyakarta

Ranting dan Daun : Menyerupai Ranting zaitun pada Lambang Israel  





simbol yahudi yogyakarta

Hexagram :  Simbol ini Juga terlihat di Tugu Jogja utara Stasiun dekat Malioboro

simbol yahudi jogja

Simbol Peti / Kotak : Sangat mirip dengan lukisan Tabut Perjanjian tahun 1728 (Pic Wikipedia)




simbol yahudi tugu jogja
Lokasi Selanjutnya adalah simbol Hexagram pada Tugu Jogja (wacana lama) yg masih menarik.
Dari penelusuran JogjaUncover, seorang sumber menyebut bintang sudut 6 pada dasarnya diartikan sebagai arah menuju penerangan yaitu menuju kepada tuhan sebagai sumber pusat cahaya dari dunia dan kehidupan manusia. Ini yang paling mengejutkan, perhatikan Hexagram dan plengkung pada tugu Jogja pada saat posisinya dibalik disandingkan dengan simbol Menorah dan bintang david.

Copy Paste? harap izin dan mencantumkan link sumber http://jogjauncover.blogspot.co.id Terima kasih.

Lambang bintang dalam masyarakat jawa disebut juga kartika atau sudama (Keesaan Tuhan) tapi divisualisasikan dengan 5 sudut bukan sudut 6 (hexagram) seperti yang terdapat pada ornamen tugu. Contohnya adalah bintang segi 5 pada lambang Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki makna Ketuhanan Yang Maha Esa.

Simbol terakhir yang JogjaUncover temukan secara kebetulan, tapi cukup menarik untuk diungkap yaitu Hexagram Pada Google Maps.

lambang zionis yogyakarta
Objek Wisata Keraton Ratu Boko Yogyakarta diberi Kode Hexagram sebagai Simbol kategori Situs Purbakala dan berbeda dengan simbol situs lainnya seperti Candi Borobudur, Prambanan juga Situs Gunung Padang.

Semoga menambah wawasan tentang Kota Jogja. Sekian :)

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger