Urban Legend Kota Jogja, Misteri dan Sejarah Nama Bulaksumur UGM

Bulaksumur UGM Jogja
(Foto: Arsip UGM)
Bulaksumur dan Jalan Kaliurang berada di dekat perbatasan antara Kota Jogja dan Kabupaten Sleman, siapa yang tak kenal wilayah padat ini? disinilah berdiri salah satu kampus terbesar yang bernama Universitas Gadjah Mada. Siapa sangka dibalik hingar bingar dan kemacetan wilayahnya ternyata dulu hanyalah daerah sepi yang menyimpan cerita misteri.

Dulu Jalan Kaliurang Kota Jogja yang sekarang membelah kampus UGM pada tahun 1915 adalah berupa Bulak yang penuh dengan tanaman tebu. Bulak artinya adalah "jalan panjang terapit sawah"
Karena sawah dan perkebunan tebu itu cukup luas, Belanda membuat sumur bermesin di daerah itu untuk perairan kebun dan sawah.

Konon sumur misteri yang diperkirakan dibuat tahun 1915 itu bergaris tengah 7,5 meter dengan kedalaman 11 meter, dilengkapi pompa bertenaga motor bensin. Setelah sumur jadi seorang lurah bernama Pak Hardjo Sentono mengusulkan sebuah nama mBulaksumur untuk daerah tersebut.

Dimana lokasi Sumur tua misteri ini berada? sayang tak ada yang bisa memastikan sejak Gedung Pusat UGM dibangun di Kota Jogja tahun 1951 - 1959. Namun lokasi sumur ini menurut rumor versi 1 berada di sekitar wilayah yang sekarang berdiri kampus kehutanan UGM, konon sumur tua terkubur ditengah lebatnya hutan kampus tersebut.

Menurut rumor versi ke 2 lokasi sumur tua misteri ini berada di sebelah timur Boulevard UGM yang telah berdiri banyak bangunan. diwilayah inilah banyak cerita penampakan terkait urban legend di UGM Jogja, khusus untuk Bulaksumur adalah sosok tanpa Kepala. Konon ceritanya sosok berjubah hitam inilah yang jadi "penunggu" sumur tua tersebut. Sumur misteri itu sendiri dipastikan telah lenyap karena tertutup oleh bangunan diatasnya.

Penampakan sosok misterius tersebut pernah terekam dengan jelas di sebuah bangunan pada foto kamera ponsel keluarga wisatawan asal Kalimantan akhir tahun 2015. Dan sempat @Jogja_Uncover share di akun twitter, namun dihapus setelah 1 jam untuk menjaga privasi Brand pemilik bangunan.

Itulah sejarah nama daerah Bulaksumur Jogja yang artinya jalan panjang terapit sawah yg terdapat sumur sekaligus urban legendnya.
Sekian ... Sejarah Bulaksumur di Kota Jogja

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger