Gerhana Matahari Kembali Sapa Jogja dan Jawa September 2016

Usai sudah kegembiraan hampir di seluruh wilayah Indonesia gara-gara Gerhana Matahari Total melintasi wilayah ini 9 Maret 2016. Dan sebentar lagi Gerhana Matahari 1 September 2016 kembali hadir, kali ini turut menyapa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung walau hanya dalam bentuk Gerhana Matahari Sebagian.
Gerhana Matahari Jogja
Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Intip juga di link ini : Foto - foto Gerhana Matahari Yogyakarta

Gerhana matahari 1 September 2016 sejatinya adalah gerhana matahari cincin yang diperkirakan akan melintasi wilayah Atlantik, Benua Afrika, India hinggal Samudera Hindia. Karena lintasannya tidak melewati wilayah Indonesia maka hanya terlihat dalam wujud gerhana matahari sebagian di wilayah Jawa atau Jogja.

Jika pada Gerhana Matahari 9 Maret 2016 terjadi pada pagi hari maka kali ini terjadi hampir bersamaan dengan terbenamnya matahari di Indonesia. Dan wilayah yang membentang dari Jogja hingga Lampung cukup beruntung bisa menyaksikannya sambil menikmati romantisnya Sunset sabit yang terbenam di ufuk barat.

Gerhana matahari cincin, terjadi apabila piringan Bulan di saat puncak gerhana hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang gemerlap.

Gerhana Matahari Jogja
Illustrasi posisi matahari dan bulan saat gerhana sebagian di kota Jogja 1 September pk 17.30 WIB pada ketinggian 1° diatas horizon barat. Kabar baiknya gerhana Matahari sebagian ini cukup aman disaksikan tanpa filter atau cukup dengan mata telanjang karena pancaran sinarnya pada senja hari tidak terlalu kuat. Namun dibutuhkan tempat yang tinggi dan bebas pandang kearah barat untuk menyaksikannya.

Pantengin terus update-nya di akun twitter @Jogja_Uncover :)

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger