Mengungkap Misteri Pemilik Gereja Gothic Sayidan Jogja

Bangunan eksotis bergaya eropa berdiri di Kampung Sayidan Kota Jogja yang bagi sebagian awam menyebutnya Gereja Gothic Sayidan yang menyimpan 1001 misteri didalamnya.
misteri gereja gothic sayidan jogja
Bangunan ini sebenarnya adalah rumah tinggal bukan gereja berdasarkan sejarah izin pembangunannya.
Namun sebelumnya memang direncanakan sebagai gereja tapi terkendala masalah perijinan. Bangunan misteri yang kelak akan dijadikan gereja ditandai oleh patung (Jesus?) yang mengangkat tangan Ke arah Keraton Kota Jogja dan seakan-akan bermakna memberkati.

Siapakah pemilik bangunan gereja gothic Sayidan? JogjaUncover akan ungkap Misteri ini
Beliau adalah warga keturunan Tionghoa bernama Ny Esther Widyo Wanandyo (alm) berdasarkan KKD DIY tahun 1982 161/HAK/KPTS/82. Ny Esther menjadi WNI berdasarkan SK PN Yogyakarta tahun 1960 no 174/1959 WN/8.
Ny Esther bergelar K.MAT berdasar sejarah adalah kerabat keraton Surakarta yang dulu jadi pedagang batik di pasar Bringharjo Jogja. Copas artikel, sertakan sumber jogjauncover.blogspot.co.id

Suami Ny Esther adalah R. Petrus Haryono. Seorang pembatik yang memiliki hubungan dengan Keraton Jogja dan sudah almarhum sejak tahun 1978. Keluarga Haryono dan Ny Esther Widyo Wanandyo (alm) pemilik Bangunan atau gereja Gothic ini adalah Keluarga Terpandang
4 diantaranya sudah cukup terkenal yaitu :
dr Samuel J Haryono SpB,K Onk.
Beliau adalah seorang peneliti di bidang kesehatan yang juga menjadi dokter di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.
KMT Prodjo Haryono adalah abdi dalem Kparajan Gunungkidul. Nama beliaulah yang pernah tertulis di papan nama pada pagar rumah Gothic Sayidan ini.
KRT Daud Wiryo Hadinagoro adalah pemilik brand batik yang terkenal hingga manca negara. Salah satu galeri beliau ada di kota Milan dan Singapura. Batik beliau pernah dipakai oleh para pesohor dunia seperti Mandela, Khadafi, Bush dan Mahathir.
Sementara KRT Thomas Haryonagoro adalah pakar budaya sekaligus Director Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja milik keluarga Haryono.

Kemungkinan pewaris dari Bangunan gothic Sayidan adalah 10 anak-anak dari keluarga pasangan Haryono - Ny Esther ini, namun hanya 8 keturinan yang bisa Jogja Uncover sebutkan yaitu :
KMT Haryadipura, Yenny Haryono, Danniel Haryono, Yacob A Haryono, dr Samuel J Haryono SpB,K On, KMT Prodjo Haryono, KRT Daud Wiryo Hadinagoro, KRT Thomas Haryonagoro.

Bangunan atau Gereja gothic ini berdiri tahun 1986-1987 di Kampung Sayidan Kota Jogja. kosong Sejak ± tahun 2004 dan dijadikan cagar budaya sejarah arsitektur karena Hak Guna Bangun sejak Tahun 2000 telah berakhir. Sayang tempat ini terlarang untuk dimasuki, padahal cukup unik untuk dijadikan objek wisata arsitektur. Kalo mau tau Misteri ruangan di dalam Bangunan atau Gereja Gothic Sayidan bisa di intip pada klip "Perbedaan" Ari Lasso, Shootingnya di bagian dalam rumah. Bangunan Gothic Sayidan ini berlokasi di daerah jalan Brigjend Katamso arah menuju Jogjatronik, masuk gang yang ada di kiri jalan menuju polsek Gondomanan, dari sana akan terlihat bangunannya.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger