Wisata Pantai Sepanjang Yogyakarta Terpanjang di Gunung Kidul

Pantai Sepanjang adalah salah satu objek wisata Yogyakarta khususnya Gunung Kidul yang berlokasi di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari. Berada diantara Baron, Drini atau sekitar 1.5 km sebelah timur Pantai Kukup. Objek wisata pantai ini dibuka sejak 13 tahun lalu tepatnya pada pertengahan 2003.

Pantai Yogyakarta ini disebut-sebut memiliki keindahan yang setara dengan objek wisata pantai Kuta di Bali. Berpasir putih dengan topografi yang sesuai dengan asal usul namanya " Sepanjang ", memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul, memanjang ke arah barat dan timur diapit oleh dua bukit diujungnya.
pantai sepanjang gunung kidul
Photo : nakarasido (2012)

Dari atas bukit wisatawan bisa dengan mudah menikmati hamparan pasir berlaut biru dengan tumbuhan palem dan pandan-pandan yang tumbuh ditepi-tepi pantai berkarang bersama serakan jenis kerang-kerangan (Mullusca) dan bintang laut (Echinodermata) termasuk limpet di batuan sekitar pantai.
Ketika air laut sedang surut penduduk setempat menggunakan waktu tersebut untuk berburu mendapatkan rumput laut. Sepanjang sendiri biasa digunakan untuk pendaratan penyu laut untuk bertelur, dan sering digunakan sebagai objek penelitian konservasi biota laut oleh peneliti dan mahasiswa.

Di dekat pantai sepanjang ini terdapat juga situs sejarah " Banyusepuh ", Banyu (air) dan sepuh (basuh atau membasuh). Konon menurut cerita masyarakat setempat yang http://jogjauncover.blogspot.co.id temui, ada tempat yang tadinya berupa mata air, digunakan untuk membasuh atau memandikan pusaka para wali di zaman dulu. Disini juga terdapat sebuah bukit yang disakralkan oleh warga. Bukit ini dahulunya merupakan tempat pertapaan.

Nah tak perlu khawatir untuk bermalam di sini tanpa harus nge-camp, karena telah tersedia penginapan dan Hotel sesuai buget yang dimiliki. Baik itu hotel dan penginapan yang di dekat Pantai atau di wilayah Pantai tetangga seperti Kukup yang masih bisa terjangkau jalannya.
Namun transportasi untuk menuju Sepanjang memang sangat sulit, dari Kota Wonosari hanya jalan sampai terminal angkutan Baron saja, dengan naik colt isuzu jalur 16, lalu berlanjut naik  jasa ojek. Jadi disarankan untuk membawa kendaraan sendiri agar mudah memilih hotel yang diinginkan.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger