Wisata Pantai di Jogja Terpopuler Sepanjang Libur Lebaran 2017

Melanjutkan ulasan sebelumnya Tempat Wisata di Jogja Terpopuler Sepanjang Libur Lebaran 2017. Berikut ini adalah daftar Wisata Pantai di Jogja Terpopuler Sepanjang Libur Lebaran 2017. Ini dia!!

Pantai Indrayanti 
Bernama asli Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
pantai jogja
Foto : Wikipedia

Nama Indrayanti awalnya muncul lantaran terdapat sebuah cafe di bibir pantai dengan papan nama "Indrayanti" yang sangat mencolok, sehingga pantai ini secara luas dikenal dengan sebutan Indrayanti.

Kenyamanan pantai ini tersohor karena berpasir putih layaknya pantai di Bali, air lautnya berwarna biru kehijauan, ditunjang oleh kebersihannya yang terjaga dengan sangat baik oleh pihak pengelola. Sayang pengunjung sering tak bisa berenang bebas di tepi pantai, karena ombaknya sangat besar dan banyak sekali ubur-ubur yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Namun jangan khawatir, penyuka jet ski bakal terpuaskan disini, pengelola telah melengkapinya dengan penyewaan jet ski untuk para wisatawan yang suka tantangan. Selain itu, di Pantai Indrayanti juga berjejeran resto-resto yang dapat memuaskan hasrat kuliner Seafood bersama pasangan atau keluarga.

Pantai Parangtritis
Wisata pantai Jogja
Foto @journesia
Pantai sejuta umat inilah yang paling dekat dengan kota Jogja, wajar jika musim libur selalu dipenuhi wisatawan. Berjarak ±30km dari pusat Kota Jogja, Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara jika kondisi lalu lintas normal.

Baca juga Keunikan Pantai Parangtritis

Pantai Baron
adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Jogja.
Wisata Pantai Baron Jogja
Foto @SARSATLINMAS
Pantai Baron memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Parangtritis, selain itu ombak di Pantai Baron juga terbilang cukup besar walaupun bentuknya menyerupai teluk.

Di Pantai Baron terdapat Mercusuar, indahnya pemandangan laut Selatan Jogja bisa kita nikmati dari atas sini. Selain itu di tebing sebelah barat Pantai terdapat sebuah tempat yang digunakan sebagai lokasi pembangkit listrik dengan tenaga alam bernama Baron Techno Park. Di Baron Techno Park inilah terdapat jam matahari yang berfungsi sebagai penunjuk waktu. Pecinta selfie akan dimanjakan sambil menikmati keindahan senja di tempat ini.

Keunikan khas pantai ini adalah rasa airnya, yaitu tawar dan asin. Hal ini terjadi karena terdapat sungai dengan air tawar yang mengalir ke laut. Air sungai pantai Baron tersebut berasal dari mata air yang berada di dalam tanah dan keluar melewati rongga rongga bebatuan, dari pegunungan Sewu. Rongga tersebut terjadi akibat sesar yang bergeser oleh aktifitas tektonik gunung api masa purba.

Pantai Nglambor
Berada di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai eksotis ini pembentukannya dipengaruhi oleh aktifitas gunung berapi purba berumur tersier yang bernama Gunung Batur.
Wisata pantai Jogja
Foto @PSatrio95
Lokasi pantai Nglambor secara litologi berada di zona proximal dari Gunung Batur. Di tempat ini dijumpai singkapan breksi vulkanik dengan beberapa sisipan pasir lumpuran yg berstruktur laminasi yang menunjukkan endapan tubidites (longsor di dalam laut).

Terlindungnya pantai oleh pulau karang yang memecah gelombang membuat ombak di pantai Nglambor cukup tenang dan aman sehingga kehidupan biota bawah lautnya bisa terjaga dengan baik. Ombak yang pelan dengan air yang jernih menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur.

Inilah yang menjadikan Pantai Nglambor sangat digemari pecinta Snorkeling. Ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul.

Pantai Sadranan 
Terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Asal usul nama pantai Sadranan berasal dari kata 'nyadran' yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.
Pantai jogja
Foto @SARSATLINMAS
Terkenal sebagai salah satu pantai Jogja berpasir putih dan halus yang terhampar di sepanjang selatan Pegunungan Seribu, Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai luas yang belakangan ini banyak digemari karena dapat dijadikan sebagai tempat snorkeling selain di Nglambor.

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger